Thursday 3 September 2015

Cerita Anak Prakerin/PKL BLC TELKOM KLATEN

Ungkapan Jujur Belajar bersama BLC TELKOM KLATEN

  •  Erwin Tokoro siswa SMK N 1 Nabire datang bersama 7 teman lainnya yang juga berasal dari Sekolah yang sama dan 2 teman lainnya berasal dari Sekolah berbeda yaitu SMK Pongtiku Nabire datang ke BLC TELKOM Klaten dengan semangat tinggi untuk Prakerin/PKL di BLC TELKOM. Begini Ungkapan jujur dari seorang  nama siswa Erwin Tokoro asal putra daerah Nabire, Papua dapat kita lihat melalui video dibawah ini :


  • Ihsan Syauqi anak Prakerin/PKL di BLC TELKOM yang berasal dari SMK YPE Kroya Cilacap dengan alamat Blog : http://ihsanblctelkom.blogspot.com yang juga memberikan Testimoni bagaiman belajar di BLC Telkom Klaten video dapat dilihat di bawah ini :




=========================================================================
Ahmad Lukman Hakim anak Prakerin/PKL di BLC TELKOM dari SMK Wikrama Jepara juga berprestasi juara II LKS IT Networking Support tingkat Kab. Jepara dan Juara II Cyberpreuner dengan Win Nawaitu team tingkat Nasional

Begini Testimoni Ahmad Lukman Hakim pada Blognya http://luxsmart.blogspot.com/p/blc-telkom-klaten.html
BLC Telkom - KPLI Klaten
Disinilah tempat PKL/Prakerin saya. Sebelumnya tidak terkira dibenak pikiran saya, hingga bisa prakerin di BLC Telkom. Saya mulai tertarik prakerin disini karena:
  1. Ilmu Unix (Linux) nya terkenal bagus. (Terbukti alumni-alumni dari BLC itu rata-rata mengerti linux mulai dari sejarah, instalasi, hingga remastering, dll.)
  2. Dari diri sendiri, berharap dapat mengerti/paham sistem operasi, software-software yang berbasis Open Source.
  3. Dari alumni yang saya tahu, banyak yang mewakili lomba LKS khususnya bidang IT Networking Support
  4. Pengen menambah pengalaman (ilmu), dengan berprinsip: "Prakerin adalah tempat mendapatkan ilmu-ilmu baru yang belum pernah dipelajari".
Metodologi Belajar Saya Prakerin di BLC Telkom
Prakerin saya untuk minggu pertama, masih diajari oleh pembimbing yaitu : Mbah Suro Dhemit. Minggu ini masih adaptasi dengan suasana, cara belajar di BLC itu seperti apa? kemudian, setelah itu untuk minggu keduanya sampai seterusnya, permulaan materi memang selalu diajarkan, tetapi dari pembimbing sendiri tidak berkeinginan seperti itu, pembimbing bermaksud supaya siswa itu mengembangkan sendiri, yang terpenting adalah ilmu dasar sudah disampaikan oleh pembimbing, setelah itu dari siswa prakerin melanjutkan untuk tingkat lanjutanya, sampai 3 bulan seperti metodologi belajar tersebut, sering belajar sendiri (Ngoprex sendiri) tetapi keyword-nya/petunjuk "awal" untuk belajar apa? itu bersumber dari pembimbing.

Dari situlah:
  • Ilmu baru.
  • Permasalahan-permasalahan ketika "Ngoprex".
  • Dapat memperbaiki permasalahan.
  • Mindset (cara berfikir) yang baru.
  • Prestasi.
  • Keseharian yang bermanfaat.
  • Teman-teman baru.
  • Guru-guru bidang IT baru.
  • dll.
Bisa saya peroleh, sungguh tidak menyangka... Memang, takdir sudah digariskan oleh Allah Swt. Dan alhamdulillah perjalanan hidup saya daripada teman-teman waktu prakerin lebih berkompeten saya. Terbukti pada nilai Presentasi/sidang prakerin saya dan teman-teman yang prakerin disini mendapat nilai yang bagus (diatas rata-rata). Dari segi laporan, materi yang diunggah untuk sidang prakerin, dll.
Tetapi, itu bukan kebanggaan bagi saya dan teman-teman saya yang prakerin di BLC. Teman-teman yang lain dari berbagai instasi juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga bagi kami.
Prestasi
Akibat sering belajar Linux, konfigurasi server, dll. Ternyata dari sekolah menjadikan saya untuk mewakili lomba LKS IT Networking Support di Kab. Jepara tahun 2014. Alhamdulillah, dari pengalaman troubleshooting permasalahan yang pernah saya hadapi, dan keseringan belajar server. LKS saya berjalan dengan lancar. Alhamdulillah diberi juara II LKS IT Networking Support tingkat Kab. Jepara. "Terimakasih ya allah".
Dari sinilah, saya kenal dekat sama pembimbing "Suro Dhemit" berkat kedekatanya, saya mendapat banyak link, pokoknya: Gateway supaya saya bisa konek dengan orang-orang IT ya mbah "Suro Dhemit".
Mbah sangat senang sekali apabila dari didikanya, itu ketika setelah Prakerin tidak pasif. Selalu berkompetisi dan berharap menciptakan sesuatu yang baru.

0 comments:

Post a Comment

Search

Blog Archive

Popular Posts

Powered by Blogger.

KLATEN GO ONLINE

KLATEN GO ONLINE

BLC TELKOM KLATEN

Random Post

Yuk Belajar!!! © 2015 Supported by BLC Telkom Klaten and BLC Telkom.id - Web Design